Sederhanakan Ucapan, Perbanyak Amal

Everywhere...Around The World!

Minuman Soda Sebabkan Kegemukan

Anak-anak yang mengonsumsi minuman ringan bersoda dan junk food memiliki risiko yang cukup besar untuk mengalami kegemukan. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang pernah diterbitkan dalam Journal The Lancet.

Penelitian itu melibatkan 548 anak-anak yang berusia sekitar 11 tahun. Para peneliti mengawasi anak-anak yang mengonsumsi minuman bergula seperti soda, teh manis, dan minuman buah-buahan, serta tercatat adanya perubahan pada Body Mass Index (BMI) sebagai ukuran kegemukan badan mereka.

Hubungan antara kegemukan dengan minuman bersoda memang ada, bahkan saat anak-anak tersebut melakukan aktivitas fisik. Namun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendukung penelitian tersebut. Kegemukan pada anak-anak sebenarnya melibatkan banyak faktor, tidak hanya konsumsi minuman soda saja, namun juga masalah gizi.

Diketahui bahwa 57 % anak-anak lebih memilih minuman soda dibandingkan minuman sehat seperti susu, air dan juice alami. Hal itu mendukung penelitian yang menunjukkan bahwa anak perempuan yang minum banyak soda akan kekurangan kalsium dan berdampak pada terjadinya osteoporosis di masa tua.

Sumber : Journal The Lancet




Comments »

The URI to TrackBack this entry is: http://h4nim.blogsome.com/2006/11/07/minuman-soda-sebabkan-kegemukan/trackback/

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a comment

Line and paragraph breaks automatic, e-mail address never displayed, HTML allowed: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <code> <em> <i> <strike> <strong>